Indahnya berbagi. Ilmu pengetahuan akan menjadi manfaat apabila kita bisa membagikan ilmu itu ke semua orang. Dan akan lebih bermanfaat bagi kita apabila kita bisa menuangkan ilmu itu ke dalam sebuah karya. ..." />

Berita

Akreditasi BAN-PNF

14 Maret 2012 - Siaran Pers

Indahnya berbagi. Ilmu pengetahuan akan menjadi manfaat apabila kita bisa membagikan ilmu itu ke semua orang. Dan akan lebih bermanfaat bagi kita apabila kita bisa menuangkan ilmu itu ke dalam sebuah karya. Minggu lalu, salah satu artikel saya berjudul Sertifikat Akreditasi, Antara Status dan Pengakuan mendapat banyak respon positif dari teman-teman saya. Artikel yang bercerita tentang perjuangan Ekklesia Komputer untuk mendapatkan Status Terakreditasi dari Badan Akreditasi ternyata membuka mata saudara-saudara seperjuangan saya untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pada masing-masing lembaganya. Perubahan inilah yang membuat saya bangga dan merasa bahagia, karena ada kekuatan positif yang muncul dari dari cerita itu. Satu keinginan, bahwa mereka juga mau di-Akreditasi.

Beberapa hari yang lalu, teman dari Atambua melalui SMS menanyakan kepada saya bagaimana cara supaya kita bisa di Akreditasi BAN PNF. Hal sama pula ditanyakan teman saya dari Ende (Flores). Tadi pagi, kembali HP saya berdering tanda telepon masuk. Di layar ada no baru yang muncul, saya tidak tahu dari mana itu. Setelah salam pembuka, ternyata beliau memperkenalkan diri bahwa beliau dari Alor, punya lembaga pendidikan dan berkeinginan untuk bisa di-Akreditasi juga. Hal yang membanggakan buat saya bahwa berita itu tepat sasaran dan mengena kepada teman-teman.

Sebagai kata pembuka saya rasa itu cukup, karena yang diinginkan teman-teman saya adalah bagaimana lembaga ini bisa di-Akreditasi. Sebelum kita mengajukan permohonan Akreditasi terlebih dahulu kita cek apakah Lembaga kita mempunyai ijin-ijin; SK Pendirian LPK (Akta Notaris), SK Pendirian Program Pelatihan (Dinas PPO Kota/Kabupaten/Provinsi - salah satu), bisa dilengkapi dengan ijin-ijin yang lain (disiapkan saja), kalau sudah barulah kita siap dan bisa mengajukan Akreditasi. Ada 8 standart dari BAN-PNF yang perlu dipersiapkan apabila kita ingin di-Akreditasi, diantaranya adalah :

  1. Standart Isi; Punya Kurikulum, Silabus, RPP (semua dokumentasi ini harus ada dan dicocokkan pada waktu asesor datang ke tempat kita);
  2. Standart Proses; Memiliki Program Pelatihan;
  3. Standart Kompetensi Lulusan; ada Penetapan Kompetensi Lulusan;
  4. Standart Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Memiliki Daftar Riwayat Hidup dan sertifikat-sertifikat masing-masing pendidik dan tenaga kependidikan;
  5. Standart Sarana & Prasarana; Memiliki Prasarana sendiri, ada Ruang Kantor, Ruang Teori, Ruang Praktek, Ruang Perpustakaan dilengkapi dengan buku-buku pustaka, dan Sarana Pendukung lainnya;
  6. Standart Pengelolaan; Ijin-ijinnya ada, punya Visi dan Misi, punya Tujuan, dan ada Struktur Organisasi yang jelas. Semuanya harus dipaparkan dengan jelas di Lembaga kita); Kerjasama Institusi dan Pengembangan; Lembaga-lembaga mana saja yang bekerja sama dengan kita (lampirkan);
  7. Standart Pembiayaan; Sumber dana pelatihan dari mana, alokasi penggunaan dananya jelas apa tidak;
  8. Standart Penilaian; Pengukuran penilaian dan Evaluasi Akhir.
  9.  

Setelah itu semua sudah kita siapkan dengan baik dilembaga kita, barulah kita mengajukan Surat Permohonan di-Akreditasi ke BAN-PNF. Berikut ini, contoh Surat Permohonan dan alamat pengirimannya.

Contoh Surat Permohonan sebagai berikut :

Nomor     :  025/SKL-EKS/III/2012
Lampiran :  1 (satu) berkas
Hal           :  Permohonan Akreditasi


Kepada Yth.
Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal
d/a Kompleks Ditjen Mandikdasmen Gedung F Lantai 2
Jl. R.S. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan
Di
    Jakarta


Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya kegiatan akreditasi Pendidikan Nonformal pada  tahun 2012, maka dengan ini saya :
Nama                           :  Tri Suris Lestari, S.Kom
Tempat/Tanggal Lahir  :  ..............................
Jabatan                        :  Pimpinan Lembaga
Bertindak atas nama    :  Kursus Ekklesia Komputer
Alamat                          :  Jl. Sam Ratulangi II/Gg. III – Walikota - Kupang - NTT
Telepon/Faks               :  ..............................
Mobile Phone/HP         :  ..............................
Website/Email              : http://ekklesiakomputer.com/eks_kupang@yahoo.co.id
 
Mengajukan diri dan siap untuk diakreditasi oleh BAN PNF pada program......../lembaga......(pilih salah satu, jika belum pernah diakreditasi berarti mengajukan program pelatihannya dahulu, contoh : program menjahit tingkat lanjut, program desain grafis atau program Paket C, dll).
       
Demikian permohonan ini kami buat dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk dapat diproses lebih lanjut.
 

 

Kupang, 14 Maret 2012
Ekklesia Komputer

  

Tri Suris Lestari, S.Kom
Pimpinan

 

Catatan : Surat permohonan tersebut dilampiri dengan surat-surat ijin lembaga yang ada dan Surat Pernyataan diatas Materai yang menyatakan kebenaran isi dari Dokumen yang kita kirimkan.

 

Surat yang sudah kita buat diatas, kita kirimkan berikut dengan lampiran ijin-ijin yang ada kepada Sekretariat BAN-PNF sesuai dengan alamat diatas.

BAN-PNF akan membalas surat permohonan yang kita ajukan dengan mengirimkan Borang-borang Akreditasi.

Borang yang telah kita terima ini harus kita isi (isiannya sesuai dengan 8 standart yang diberikan oleh BAN-PNF untuk sebuah lembaga) dan tak lupa sertakan juga lampiran-lampirannya. Setelah lengkap pengisian borang-borang yang ada berikut dengan lampirannya, kita kirimkan kembali dokumen tadi ke BAN-PNF untuk mereka periksa apakah sudah lengkap.

Setelah Dokumen yang kita kirimkan lengkap dan jelas, BAN-PNF akan mengutus Asesor untuk turun ke lembaga kita untuk mengecek kebenaran dari Dokumen yang kita kirimkan, hasil penemuan dilapangan mereka tuangkan lewat Berita Acara Pemeriksaan.

Inilah sebagian proses Akreditasi yang akan kita lewati apabila kita mengajukan Akreditasi dan hasil apapun yang akan kita dapatkan, terimalah dengan semangat, karena itu akan memotivasi kita untuk terus maju.

Kalaupun kita gagal di awal bukan berarti kita harus menyerah, tetapi kita harus lebih baik lagi dan mencoba pada periode berikutnya.

SEBUAH KEGAGALAN BUKANLAH AKHIR DARI SEMUANYA!!

"SELAMAT BERJUANG DAN SUKSES UNTUK KITA SEMUA"

 

* Salam *

Ekklesia 1 (#2053 views)

  Kirim ke Teman   Cetak halaman ini   Posting komentar  Share on Facebook

Komentar Untuk Berita Ini (1)

LAYANAN KAMI

Sesuai dengan Misi kami point ke 2 " Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dan memberikan pelatihan dan pendidikan komputer " maka kami membuka beberapa paket kursus yang dapat membantu masyarakat  mampu menguasai salah satu perkembangan IPTEK .

Paket Kursus yang kami jalankan adalah ...
Layanan Lain

AGENDA

October 2014
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031